Perencanaan Event Pementasan Tari Tradisional Dengan Tema “We Are Awesome” Oleh Siswa-Siswi Berkebutuhan Khusus Sekolah Mandiga Untuk Meningkatkan Kesadaran Publik Tentang Sekolah Mandiga
Main Article Content
Dengan manfaat yang baik untuk tubuh dan kemampuan komunikasi anak autisme, saya selaku pembuat karya ingin membuat serangkaian event yang ditujukan untuk siswa/i Sekolah Mandiga yang berjudul “Perencanaan Event Pementasan Tari Tradisional oleh Siswa-Siswi Sekolah Mandiga untuk Meningkatkan Awareness”. Selain itu, event ini dapat dijadikan sebagai media komunikasi untuk meningkatkan pengetahuan publik mengenai Sekolah Mandiga ke masyarakat, orang tua yang memiliki anak dengan autisme dan orang-orang yang peduli dengan autisme agar anak-anak autisme dapat berkarya seperti anak yang tidak memiliki kebutuhan khusus.
Keywords:
Tari Tradisional;, We Are Awesome, Kesadaran Publik
Agility Pr Solutions: “Public Relations Management Roles” [N.D.]. Diperoleh Dari Website: Https://Www.Agilitypr.Com/Resources/Pr-Glossary/Public-Relations-Management-Roles/
Astuti, F. (2016). Pengetahuan Dan Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Autism Indonesia. [N.D.]. “Profil.” Diperoleh Dari Website Autism Indonesia: Http://Www.Autismindonesia.Org/Index.Php/Profil
Ciptaning, R., Luqman, Y., Dan Ulfa, S. N. (2013). Pr Campaign Klub Sepatu Roda Di Bawah Porserosi Semarang Melalui Rangkaian Event “Juara Bersama Sepatu Roda” Dan “Fun Skate On Car Free Day”. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Diperoleh Dari: Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Interaksi-Online/Article/View/2160/2181
Coderhutan. [N.D]. “Beranda Sekolah Mandiga.” Diperoleh Dari Website Coderhutan: Http://Coderhutan.Com/Mandiga/Profil/
Desiningrum, D. R. (2016) Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Dewi, S. R. (2012). Keanekaragaman Seni Tari Nusantara. Jakarta: Pt Balai Pustaka.
Goldblatt, (2014). Special Events: Creating And Sustaining A New World For Celebration. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Handoyo, Y. (2009) Autisme Pada Anak Metode Aba Basic. Jakarta: Pt Bhuana Ilmu Populer.
Harnum, O. D. (2015, 17 Juni). Kompasiana: “Problematika Penanganan Autisme Di Indonesia.” Diperoleh Dari Https://Www.Kompasiana.Com/Orykediolla/557703c2a623bdc70399fc86/Problematika-Penanganan-Autisme-Di-Indonesia
Huzaemah. (2010). Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Inda, S. (2015). Analisis Strategi Public Relations Dalam Event Management Perusahaan (Studi Deskriptif Event “Herworld Chinese New Year” Tanggal 12 Februari 2015. Diperoleh Dari: Http://Thesis.Binus.Ac.Id/Doc/Workingpaper/2014-2-01317-Mc%20workingpaper001.Pdf.
Isi Denpasar: ““Macan Asti” Prof. Dr. I Wayan Dibia Masuki Masa Purnabakti. (2018, 18 Mei). Diperoleh Dari Website: Https://Www.Isi-Dps.Ac.Id/Berita/Macan-Asti-Prof-Dr-I-Wayan-Dibia-Masuki-Masa-Purnabakti/
Jefkins,F. (1982). Public Relations: Made Simple. Great Britain: The Chaucher Press.
Juwito (2008). Public Relations. Upn Press: Surabaya.
Kurnia, M. (2016). Tari Tradisi Melayu, Eksistensi Dan Revitalisasi Seni. Medan: Puspantara.
Kurniawati, F. (2013). Pembelajaran Tari Lenggang Alit Untuk Mengurangi Hambatan Motorik Kasar Anak Autis Di Sdn Banyu Urip V Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3), 1-8. Diperoleh Dari Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Khusus/Article/Download/3864/6414.
Morissan. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana.
Mulyana, D. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
National Geography (2012): “Mengupas Sejarah Dan Maknatari Tor Tor.” Diperoleh Dari Website National Geography: Http://Nationalgeographic.Grid.Id/Read/13282448/Mengupas-Sejarah-Dan-Makna-Tari-Tor-Tor?Page=All
Noor, Any. (2013). Manajement Event Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Nova, F. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana Pr Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grasindo.
Nurtjahjani, F. Dan Trivena, M. S. (2018). Public Relations, Citra & Praktek. Malang: Polinema Press.
Pandji, D. Dan Wardhani, W. (2013). Anak Special Needs?. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.
Pos Kota News. (2018, 11 Maret): “Komunitas Dance Ini Manfaatkan Tim Tempat Latihan.” Diperoleh Dari Http://Poskotanews.Com/2018/03/11/Komunitas-Dance-Ini-Manfaatkan-Tim-Tempat-Latihan/
Priherdityo, E. (2016, 7 April). Cnn Indonesia: “Indonesia Masih ‘Gelap’ Tentang Autisme.” Diperoleh Dari Https://Www.Cnnindonesia.Com/Gaya-Hidup/20160407160237-255-122409/Indonesia-Masih-Gelap-Tentang-Autisme
Ratnayanti, R. Dan Kustiawan, U. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tari Kreasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Ortopedadagogia, 1(3), 238-244. Diperoleh Dari Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jo/Article/View/8240
Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian: Public Relations & Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sabharwal, D. (2018). Fundamentals Of Advertising And Public Relations. Parijat Extension: Evincepub Publishing.
Sari, A. A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori Dan Praktek. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Sarsby, A. (2016). Swot Analysis. England: Leadership Library.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Kencana: Jakarta.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Susilo, M. (2017, 8 Agustus). Bbc: “Jakarta Kalahkan New York Dan London Di Instagram.” Diperoleh Dari Website Bbc: Https://Www.Bbc.Com/Indonesia/Indonesia-40857939
Syaputra, E. S. 2015. Pelaksanaan Public Relations Yang Dilakukan Oleh Balai Pemuda Dan Olahraga Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Syofia, N. Suharti. (2016). Pelatihan Seni Tari Dan Musik Sebagai Media Terapi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Luar Biasa Silaing Bawah Kota Padang Panjang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 118-130. Diperoleh Dari Http://Journal.Isi-Padangpanjang.Ac.Id/Index.Php/Batoboh/Article/View/139/137
Takari, M. (2017). “Menuju Polarisasi Ilmu Komunikasi Untuk Kajian Seni Pertunjukan Melayu.” Diperoleh Dari Website Research Gate: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/319325482_Menuju_Polarisasi_Ilmu_Komunikasi_Untuk_Kajian_Seni_Pertunjukan_Melayu
Wahyuningsih, L. (2013). Tugas Dan Fungsi Public Relations Dalam Organisasi. Tugas Akhir. Program Studi Sekretati D-Iii, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusrini, F. (2015, 14 Juli). “Sekolah Mandiga.” Diperoleh Dari Website Wanita Wirausaha: Http://Www.Wanitawirausaha.Com/Tentang-Kami/
Astuti, F. (2016). Pengetahuan Dan Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Autism Indonesia. [N.D.]. “Profil.” Diperoleh Dari Website Autism Indonesia: Http://Www.Autismindonesia.Org/Index.Php/Profil
Ciptaning, R., Luqman, Y., Dan Ulfa, S. N. (2013). Pr Campaign Klub Sepatu Roda Di Bawah Porserosi Semarang Melalui Rangkaian Event “Juara Bersama Sepatu Roda” Dan “Fun Skate On Car Free Day”. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Diperoleh Dari: Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Interaksi-Online/Article/View/2160/2181
Coderhutan. [N.D]. “Beranda Sekolah Mandiga.” Diperoleh Dari Website Coderhutan: Http://Coderhutan.Com/Mandiga/Profil/
Desiningrum, D. R. (2016) Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Dewi, S. R. (2012). Keanekaragaman Seni Tari Nusantara. Jakarta: Pt Balai Pustaka.
Goldblatt, (2014). Special Events: Creating And Sustaining A New World For Celebration. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Handoyo, Y. (2009) Autisme Pada Anak Metode Aba Basic. Jakarta: Pt Bhuana Ilmu Populer.
Harnum, O. D. (2015, 17 Juni). Kompasiana: “Problematika Penanganan Autisme Di Indonesia.” Diperoleh Dari Https://Www.Kompasiana.Com/Orykediolla/557703c2a623bdc70399fc86/Problematika-Penanganan-Autisme-Di-Indonesia
Huzaemah. (2010). Kenali Autisme Sejak Dini. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Inda, S. (2015). Analisis Strategi Public Relations Dalam Event Management Perusahaan (Studi Deskriptif Event “Herworld Chinese New Year” Tanggal 12 Februari 2015. Diperoleh Dari: Http://Thesis.Binus.Ac.Id/Doc/Workingpaper/2014-2-01317-Mc%20workingpaper001.Pdf.
Isi Denpasar: ““Macan Asti” Prof. Dr. I Wayan Dibia Masuki Masa Purnabakti. (2018, 18 Mei). Diperoleh Dari Website: Https://Www.Isi-Dps.Ac.Id/Berita/Macan-Asti-Prof-Dr-I-Wayan-Dibia-Masuki-Masa-Purnabakti/
Jefkins,F. (1982). Public Relations: Made Simple. Great Britain: The Chaucher Press.
Juwito (2008). Public Relations. Upn Press: Surabaya.
Kurnia, M. (2016). Tari Tradisi Melayu, Eksistensi Dan Revitalisasi Seni. Medan: Puspantara.
Kurniawati, F. (2013). Pembelajaran Tari Lenggang Alit Untuk Mengurangi Hambatan Motorik Kasar Anak Autis Di Sdn Banyu Urip V Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3), 1-8. Diperoleh Dari Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Khusus/Article/Download/3864/6414.
Morissan. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana.
Mulyana, D. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
National Geography (2012): “Mengupas Sejarah Dan Maknatari Tor Tor.” Diperoleh Dari Website National Geography: Http://Nationalgeographic.Grid.Id/Read/13282448/Mengupas-Sejarah-Dan-Makna-Tari-Tor-Tor?Page=All
Noor, Any. (2013). Manajement Event Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Nova, F. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana Pr Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grasindo.
Nurtjahjani, F. Dan Trivena, M. S. (2018). Public Relations, Citra & Praktek. Malang: Polinema Press.
Pandji, D. Dan Wardhani, W. (2013). Anak Special Needs?. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.
Pos Kota News. (2018, 11 Maret): “Komunitas Dance Ini Manfaatkan Tim Tempat Latihan.” Diperoleh Dari Http://Poskotanews.Com/2018/03/11/Komunitas-Dance-Ini-Manfaatkan-Tim-Tempat-Latihan/
Priherdityo, E. (2016, 7 April). Cnn Indonesia: “Indonesia Masih ‘Gelap’ Tentang Autisme.” Diperoleh Dari Https://Www.Cnnindonesia.Com/Gaya-Hidup/20160407160237-255-122409/Indonesia-Masih-Gelap-Tentang-Autisme
Ratnayanti, R. Dan Kustiawan, U. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tari Kreasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Ortopedadagogia, 1(3), 238-244. Diperoleh Dari Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jo/Article/View/8240
Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian: Public Relations & Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sabharwal, D. (2018). Fundamentals Of Advertising And Public Relations. Parijat Extension: Evincepub Publishing.
Sari, A. A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori Dan Praktek. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Sarsby, A. (2016). Swot Analysis. England: Leadership Library.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Kencana: Jakarta.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Susilo, M. (2017, 8 Agustus). Bbc: “Jakarta Kalahkan New York Dan London Di Instagram.” Diperoleh Dari Website Bbc: Https://Www.Bbc.Com/Indonesia/Indonesia-40857939
Syaputra, E. S. 2015. Pelaksanaan Public Relations Yang Dilakukan Oleh Balai Pemuda Dan Olahraga Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Syofia, N. Suharti. (2016). Pelatihan Seni Tari Dan Musik Sebagai Media Terapi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Luar Biasa Silaing Bawah Kota Padang Panjang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 118-130. Diperoleh Dari Http://Journal.Isi-Padangpanjang.Ac.Id/Index.Php/Batoboh/Article/View/139/137
Takari, M. (2017). “Menuju Polarisasi Ilmu Komunikasi Untuk Kajian Seni Pertunjukan Melayu.” Diperoleh Dari Website Research Gate: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/319325482_Menuju_Polarisasi_Ilmu_Komunikasi_Untuk_Kajian_Seni_Pertunjukan_Melayu
Wahyuningsih, L. (2013). Tugas Dan Fungsi Public Relations Dalam Organisasi. Tugas Akhir. Program Studi Sekretati D-Iii, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusrini, F. (2015, 14 Juli). “Sekolah Mandiga.” Diperoleh Dari Website Wanita Wirausaha: Http://Www.Wanitawirausaha.Com/Tentang-Kami/