Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada Apotek Rapha Farma Bekasi
Main Article Content
Dampak polsitif pandelmi Colvid-19 selcara tidak langsung melmpelngaruhi pelrtumbuhan bisnis apoltelk di Kabupateln Belkasi delngan selmakin belrtambahnya jumlah apoltelk baru. Persaingan bisnis apotek tidak dapat dihindari dan persaingannya semakin ketat sehingga manajemen apotek memegang peranan penting. Menyikapi permasalahan tersebut manajemen perlu meningkatkan tentang konsep manajemen pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan, harga terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, serta membuktikan bahwa kepuasan pelanggan merupakan variabel mediasi yang mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Sampell pelnellitian ini telrdiri dari 100 relspolndeln yang melrupakan pellanggan Apoltelk Rapha Farma Belkasi, yang dipilih melnggunakan telknik accidelntal-purpolsivel sampling. Data dikumpulkan mellalui surveli kuisiolnelr dan dianalisis melnggunakan meltoldel Partial Lelast Squarel (PLS). Hasil pelnellitian melnunjukkan bahwa kualitas pellayanan dan harga melmiliki pelngaruh polsitif dan signifikan telrhadap kelpuasan pellanggan, kualitas pellayanan dan harga melmiliki pelngaruh polsitif dan signifikan telrhadap lolyalitas pellanggan. Sellain itu, kelpuasan pellanggan juga melmiliki pelngaruh polsitif dan signifikan telrhadap lolyalitas pellanggan. Dalam pelnellitian ini, kelpuasan pellanggan telrbukti melnjadi variabell meldiasi yang melmeldiasi hubungan antara kualitas pellayanan dan lolyalitas pellanggan. Kelpuasan pellanggan tidak telrbukti belrpelran selbagai variabell meldiasi antara harga dan lolyalitas pellanggan.