Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sewa Kamar Kos Deltoid Yogyakarta

Main Article Content

Renaldi Egi Gumilar
Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Indonesia
Ghia Ghaida Kanita
Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Indonesia
Ismail Yusuf
Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Indonesia

Strategi pemasaran merupakan alat penting bagi suatu perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Kos Deltoid Yogyakarta dalam meningkatkan volume penjualan sewa kamar kos selama tahun 2016-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi dengan pemilik Kos Deltoid Yogyakarta. Data primer yang digunakan berupa wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berasal dari dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Kos Deltoid Yogyakarta dalam meningkatkan volume sewa penjualan kamar kos adalah dengan cara meningkatkan kualitas kamar dan kenyamanan penghuni kos dengan memberikannya bonus fasilitas tambahan yang tidak ada ditempat kos lainnya, seperti tempat fitness gratis bagi penyewa kamar kos, menawarkan harga kamar yang lebih terjangkau bagi pekerja dan mahasiswa, lokasi kos yang dekat dengan tempat strategis dan berada dekat dengan pemilik kos sehingga pergaulan penghuni kamar kos bisa terjaga, dan juga pemilik kos senantiasa melakukan promosi kamar kos secara tradisional melalui tulisan bahwa kamar kos disewakan dan secara digital dengan cara memanfaatkan sosial media seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram.


Keywords: Pemasaran, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Kos Deltoid