Analisis Basic Human Value Generasi Z Dalam Perspektif Dunia Kerja Di Jakarta Dan Sekitarnya
Main Article Content
Generasi Z tentunya memiliki nilai dasar kemanusiaan yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Memahami siapa Generasi Z sebenarnya, dari sudut pandang dan nilai mereka hingga tujuan dan tantangan hidup mereka akan menguntungkan perusahaan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana kondisi saat ini telah membentuk nilai-nilai Generasi Z dalam kehidupan dunia kerja. Ekspektasi Generasi Z digali melalui metode kualitatif dengan menggunakan Schwartz basic human value theory yang berfokus pada kondisi kehidupan kerja melalui wawancara mendalam terhadap 20 orang Generasi Z di Jakarta dan sekitarnya. Penelitian ini menemukan bahwa dalam dunia kerja Generasi Z lebih menilai tinggi kepada perusahaan yang memiliki kebijakan HR yang adaptif, mengoptimalkan adopsi teknologi perusahaan, peningkatan jaminan kesehatan dan keamanan finansial, kesempatan berkembang dan menyampaikan pendapat, fasilitas refreshment, atasan dan rekan kerja yang empati dan perusahaan yang peduli terhadap isu universal. Temuan memiliki implikasi langsung untuk program karir di universitas dan beberapa perusahaan. Penelitian ini adalah kebaruan dalam mengidentifikasi nilai-nilai dasar manusia yang dibentuk oleh kondisi tempat kerja baru-baru ini seperti kondisi setelah Covid-19 dan tingkat adopsi perusahaan terhadap teknologi.