Pengaruh Harga Dan Ketersediaan Space Kapal Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Keagenan Kapal Kontainer Pada Pt Samudera Agencies Indonesia Cabang Palembang

Main Article Content

Yudhy Afrianto
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
Marlina Widiyanti
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
Muchsin Saggaf Shihab
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
Ahmad Maulana
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan ketersediaan space kapal terhadap keputusan pembelian jasa keagenan kapal kontainer pada PT Samudera Agencies Indonesia cabang Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian atau penggunaan jasa keagenan kapal kontainer pada PT Samudera Agencies Indonesia cabang Palembang pada tahun 2022 sebanyak 74 perusahaan. Maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan beberapa kriteria pengambilan sampel. Hasil dari analisis linier berganda menunjukkan bahwa harga dan ketersediaan space kapal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jasa keagenan kapal kontainer pada PT Samudera Agencies Indonesia cabang Palembang. Harga pada PT Samudera Agencies Indonesia cabang Palembang dapat melakukan review harga agar bisa lebih kompetitif dan bisa lebih terjangkau oleh para konsumen dengan tetap mempertahankan kualitas layanan. Ketersediaan space kapal, PT Samudera Agencies Indonesia cabang Palembang dapat melakukan review ketersediaan space kapal dengan mengganti dengan jenis kapal yang DWT nya lebih besar, kemampuan angkut kontainernya lebih banyak tetapi memiliki tipe kapal yang dapat beroperasi di perairan sungai dan laut, dimana kapalnya memiliki bagian lunas kapal yang dirancang untuk bisa berlayar di daerah perairan dangkal (shallow water).


Keywords: Harga, Ketersediaan Space Kapal, Kepastian Pembelian