Implementasi Metode Quality Function Deployment Dalam Pengembangan Bisnis Klinik Kebidanan Sehat Mandiri

Main Article Content

Charles Andrianto
Universitas Kristen Maranatha Bandung, Indonesia
Maya Malinda
Universitas Kristen Maranatha Bandung, Indonesia

Pengembangan bisnis dibutuhkan karena pada era ekonomi dunia yang kompetitif, inovasi sangat penting buat mencapai daya saing di pasar global. Pada tulisan ini membahas pengembangan usaha Klinik Kebidanan Sehat Mandiri, perlu dilakukan rencana pengembangan sesuai fungsi dasar produk atau jasa yang diadaptasi dengan kualitas, kapasitas dan nilai tambah yang bisa menarik perhatian pelanggan. Tujuan dasar penggunaan metode Quality Function Deployment (QFD) dengan strategi House of Quality (HoQ) ialah memahami dan memutuskan prioritas serta tujuan strategis pada segmen pasar yang diharapkan menghasilkan laba, mendengarkan suara pelanggan, menyaring serta mengatur berita perihal kebutuhan dan keinginan pelanggan yang bisa dipenuhi secara eksklusif, menerjemahkan harapan pelanggan kepada desain produk Klinik Kebidanan Sehat Mandiri. Penelitian ini memakai metode kualitatif deskriptif menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini, menjelaskan bahwa terdapat 54 atribut Prioritas Fasilitas Klinik Kebidanan Sehat Mandiri yang terbagi menjadi lima dimensi Service Quality (servqual) untuk ditambahkan ke dalam rencana pengembangan usahanya. Keterbatasan penelitian ini adalah karena memakai metode kualitatif desktiptif serta dimensi servqual sehingga strategi penelitian ini lebih banyak memakai nilai subjektif para narasumber yang beresiko kuat mengurangi objektivitas hasil penelitian. Novelty dari penelitian ini adalah mengimplementasikan metode QFD dengan strategi HoQ yang didukung oleh dimensi Servqual yang terdapat dalam Voice of Customer (VoC) dan Technical Response Klinik Kebidanan Sehat Mandiri.


Keywords: Pengembangan Bisnis, QFD, HoQ, Dimensi Servqual