Perluasan UTAUT2 Untuk Memahami Continuance Intention Pada Paylater

Main Article Content

Bernie Soebekti
Management Department, Binus Business School Master Program, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia
Lusyana Wijaya
Management Department, Binus Business School Master Program, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia
Tiya Tjahjadi
Management Department, Binus Business School Master Program, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia
Evelyn Hendriana
Management Department, Binus Business School Doctor of Research in Management, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia

E-marketplace mengadopsi metode pembayaran buy now pay later (BNPL) yang terbukti mampu mendorong peningkatan transaksi penjualan. Namun, konsumen juga dihadapkan pada risiko keamanan transaksi dan data pribadi yang dapat mempengaruhi minatnya untuk terus menggunakan BNPL. Penelitian ini menguji minat konsumen untuk terus menggunakan layanan tersebut dengan berbasis UTAUT2 yang ditambah dengan faktor perceived security dan memasukkan attitude toward using sebagai mediator. Sebanyak 245 pengguna BNPL dipilih sebagai sampel dan datanya diolah dengan PLS-SEM. Hasilnya, attitude toward using terbukti signifikan dalam memediasi pengaruh semua anteseden UTAUT2 dan perceived security terhadap minat untuk terus menggunakan BNPL di e-marketplace.


Keywords: Attitude toward Using, BNPL, Continuance Intention, Perceived Security, UTAUT2